Jumat, 20 Juli 2012

sesi tanya jawab 2


Bismillah.. Assalamu'alaikum

Ask: kang aku udah sholat loh (:
jwb: cakeeep..  (:

Ask: tapi aku  belum bisa khusuk, trs gmna nih?
jwb: Lanjutkan saja.

Ask: bukannya sholat yang diterima itu adalah sholat yang khusuk? Dan ibadah yang diterima adalah ibadah yang dilakukan dengan ikhlas?

jwb: sudah lakukan saja, orang itu ada tingkatannya, sahabat Ali bin Abi tholib karomallahhu wajjah, seorang sahabat yang bisa sholat dengan sangat khusuk, beliau pernah terkena panah, ketika anak panahnya akan dicabut beliau sangat kesakitan, lalu beliau berpesan ketika sholat tolong cabut anak panahnya, ketika beliau sholat rasa sakit itu tak terasa sedikitpun. Suatu saat, Nabi Muhammad SAW mengetes Ali, kalau Ali bisa sholat khusuk 2 rokaat maka akan diberi hadiah. Subhanallah Ali tak mampu melaksanakannya. Maka dari itu kita laksanakan saja se mampu kita.


Ask: maksudnya?
jwb: begini, sama halnya ketika kita masih di bangku sekolah, ada seorang yang “kurang pintar” tapi dia rajin sekolah, pasti si guru akan tetep ditingkatkan jenjang sekolahnya. TAPI.. ketika ada anak pintar namun dia jarang sekolah, pastinya pihak sekolah akan enggan untuk menaikkan jenjangnya, bisa-bisa dia dikeluarkan dari sekolah karena telah meremehkan sekolahan. Sama dengan sholat, kalau belum bisa khusuk ya sudah laksanakan saja, diterima atau tidaknya pasrahkan saja sama Allah (:

Ask: begitu ya kang. Hmm.. oh iya kang, aku pernah dengar, katanya ada amal yang meskipun kita sudah meninggal tapi kita tetep dapat pahala? Emang ada yang kayak gitu?
jwb: ada donk

Ask: ciaaa…. Enaknya.. apa aja itu, bagi donk (:
jwb: anak yang sholeh/sholiha yang mendo’akan orang tua; amal jariah; dan ilmu yang manfaat. Eh, tau gak, kalau apa saja yang harus kita wariskan kepada anak kita?

Ask: emang apa kang?
jwb: ada 3, ilmu, akhlaq dan Do’a

Ask: kok bisa?
jwb: ilmu, jika kita meninggalkan anak di dunia dalam keadaan bodoh, maka apapun yang dilakukan anak karena kurangnya ilmu yang ia miliki maka orang tua juga menerima dosa yang dilakukan oleh sang anak. Namun jika kita meninggalkan anak didunia ini dalam keadaan pintar, semua amal baik yang dilakukan si anak, maka orang tua pasti akan mendapatkan pahala atas apa yang dilaksanakan oleh anak.
akhlaq, unggah ungguh/ tatakrama, yang membedakan orang baik dengan tidak hanya pada akhlaqnya. Kalau kita pengen punya anak yang baik, maka jadilah orang tua yang baik. Keluarga adalah jenjang pendidikan  yang pertama dan utama.
Do’a, Do’a orang tua itu adalah do’a yang paling mustajabah, ridho orng tua  adalah ridho Allah, begitupun juga murkanya

Ask: berarti anak yang mendoakan orang tua yang sudah meninggal itu baik donk, lalu bagaimana dengan orang yang menganggap tahlilan itu bit’ah?
jwb: begini, orang yang sudah meninggal itu tidak bisa lagi melakukan sesuatu, dan yang bisa meringankan siksa kuburnya hanyalah do’a dari orang-orang yang masih hidup. Kalau ada orang Tanya apakah do’a itu bisa nyampek ke orang yang kita do’akan jawab saja BISA, sejatinya mendoakan orang orang lain sama dengan mendoakan dirisendiri. Do’a itu baik, dan semua amal yang baik boleh dilakukan.

Ask: kan bisa dibaca sendiri dirumah
jwb: begini, sholat, sholat berjama’ah sama sholat sendiri lebih utama yang mana?

Ask: jelas yang jama’ah lah
jwb: so?

Ask: hehhehe…. Iya iya, aku juga pernah dengar do’a 40orang = 1 waliyullah, trmsih ya kang, Assalamu’alaikum (:
jwb: wa’alaikumsalam (:

Bersambung  (:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar